Outline.

2 comments

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum lulus dari STAN, kita harus melewati beberapa tahap. Sederhananya, tahapannya itu seperti ini: Buat proposal PKL (kerennya disebut Outline). Proposal ini menjelaskan apa-apa saja yang ingin kita teliti selama PKL. Selanjutnya, PKL atau Praktik Kerja Lapangan. Dan setelah selesai PKL, mahasiswa menulis Laporan PKL. 
Sekarang saya akan membuat pembatasan masalah *sok ilmiah*  . Masalah yang akan dibicarakan pada postingan ini hanya mencakup proses pembuatan outline.

Sebelum hari Selasa:
Udah mulai mikir ancang2 judul terkait bidang PKL yang saya dapat, yaitu Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD). Tempat PKLnya di Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Jakarta Pusat.

Hari Pertama (Selasa, 7 Juni 2011)
Pertemuan pertama dengan kelompok PKL (tim PK2). Oh iya, satu kelompok DJPK terdiri dari 12 orang, dibagi menjadi dua tim.
Agenda pertemuan kali ini adalah mengumpulkan judul-judul yang sudah disiapkan sebelumnya dari rumah.

Hari Kedua (Rabu, 8 Juni 2011)
Kumpul lengkap all tim DJPK. Merencanakan tentang pemberangkatan ke DJPK.

Hari Ketiga (Kamis, 9 Juni 2011)
Ke DJPK. Sekaligus latihan PKL yang konon katanya PKL di ibukota itu menguras tenaga.
Pulang dari DJPK, dapat jarkom “besok ketemu dosbing”. Ga usah bawa outline, cukup bawa judul.

Hari Keempat (Jumat, 10 Juni 2011)
Konsultasi pertama dengan dosen pembimbing (dosbing), Pak Hery Triatmoko.
Hasil:
-          Pak Hery hari Senin ada tugas ke Tolikara, Papua. Jadi sebisa mungkin outline kami sudah di-acc hari Senin.
-          Yang kami ajukan itu belum bisa diterima jadi judul, jika belum berbentuk outline
-          Besok harus konsultasi kembali dengan membawa outline.
Bergegaslah kami pulang ke rumah masing-masing, menyelesaikan outline dalam satu malam.

Hari Kelima (Sabtu, 10 Juni 2011)
Konsultasi kedua dengan dosbing. Malam hari, sekitar pukul 20.00 – 22.30WIB.
Hasil:
-          Semua outline harus direvisi dan dibawa kembali keesokan harinya.
Okey. No problem :)

Hari Keenam (Minggu, 11 Juni 2011)
Konsultasi ketiga dengan dosbing. Malam hari, sekitar pukul 19.00 – 20.30WIB.
Hasil:
-          Semua outline (kembali) harus mengalami revisi.
-          Walaupun masih mengelami revisi, namun bagian Persetujuan Dosen Pembimbing ditandatangani malam itu juga… Alhamdulillah.. :)

Anak-anak Tim PK2 pulang dengan muka sumringah, ceria, no more mellow, say no to galau.
Alhamdulillah, awal perjuangan selesai dengan beberapa revisi, masukan-masukan yang harus dikerjakan saat PKL nanti, dan tugas-tugas lainnya.
Thanks buat Tim PK2 buat 6 harinya ini. Kompak! Thanks to all THREESURY08 juga pastinya buat supportnya..

Oh iya,,,,
Outline PKL ini masih awal perjuangan lho…
Postingan ini sengaja ga saya buat mendetail. Mencoba untuk ga galau, ga resah, dan ga mengeluh di twitter, di facebook, atau media social lainnya ^^
Perjuangan, 
dan semua kesusahan kita, 
sebisa mungkin cukup kita dan Tuhan aja yang tau. Semua orang tau kok, buat lulus itu GA mudah.
Semoga bernilai ibadah. Amin..

Semangat yee buat all threesury2008.
Ini ceritaku, mana ceritamu..


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar:

  1. semangaaat empit *saya masih besok ih.
    but, no more mellow say no to galau.
    doakan segera menyusul empit ya :)

    BalasHapus
  2. Amin.. Wening
    Semangat semuanya..
    semoga bisa cepat2 ngumpul lagi.. ^^

    BalasHapus