BUKU TAHUNAN * BUKU TAHUNAN * BUKU TAHUNAN * BUKU TAHUNAN * BUKU TAHUNAN *
sekian lama penantian.
Sabtu, 22 Nov 2008 Rierie sms,
katanya paket kiriman itu udah nyampe kerumahnya


besoknya
habis kerjabakti di kampus,
sekitar jam 11, saya berangkt ke lebak.bulus
rumahnya rierie..
dengan tmanku. VERO
MACETTTTTT!!!!!
sampai dirumahnya rierie jam 1 siang..

disana akhirnya kudapatkan Buku Tahunan a.k.a BT ku..
agak kecewa sih liat buku tahunan ku..
tapi gak apa2. SEMUANYA HARUS DISYUKURI

kecewa tak berapa lama..
setelah dapat kabar kalo Ince ma Egha mau kerumanhya rie2..
(kita emang udah janjian hari sebelumnya buat ketemuan, tp ga pernah2)
Egha kuliah di bandung, Ince di jkt..

sambil asyik baca BUKU TAHUNAN..
akhrnya Egha dan Ince datang..
wah...
finally,,,
setelah bulan agustus 2008 dia ke bandung
baru bisa ketemu sekarang..

sperti biasa,
NON EXPRESSION..
hehehe..
jaim..jaim..

akhirnya kita ngobrol2, makan, dll..
lama tak ketemu..
3 bulan cuy...
hehehe..
(kapan2 sy yang ke bandung deh..)

ttap pake logat MAKASSAR..
yang paling seru (seru?)..
pas dengar Egha n Ince logat jkt..
hahaha...


ehmm..
setelah lama bercerita
akhirnya jam 3 siang Egha harus ke Gambir
buat balik ke bandung..

kami pun pulang,
naik angkot bareng sampe Carrefour Lebak Bulus..

finally,
saya smpai kos jam 6 petang..
hufh..

walaupun BT agak melenceng sedikit diluar harapan
yang jelas bisa nostalgia..
heheh
Senin, 20 Oktober 2008

..

kelompok buat dinamika udah dibagi, dan kenal-kenalan udah juga donk. Inilah mereka yang masuk di kelompok 03 :

MENTOR : Mas ANDI NUR SYAMSUDDIN.
- Ariyo N.S. (surabaya) - KAPTEN kelompok!!
- Rachmad Andriyan Nugroho (Karanganyar)
- Muhammad Fithrah (Makassar)
- Erland Wahyu Ramadhan (Magelang)
- Nur Fitriadi Pralambang (Magelang)
- Mikhail Nugroho A. S (Grobogan)
- Vero Rafizaliko (Padang)
- Bayu Cahyono Putro (Yogyakarta)
- Noor Fakhruzzaky (Surabaya)
- Glorio Gilbert Makaminan (Serpong)
- Valen P. Silalahi (Pematangsiantar)
- Risandy Mukhsin (Bekasi)
- Fikri Rizaldy R. (Cirebon)
- Muhammad Afif Nor Effendi (Jepara)
- Misbun Siddik R. (Metro, Lampung)
- Hansen Kurniawan (Balikpapan)
- Rezky Yuniawan Riantono (Salatiga)
- Riedho Hizwar (Palembang)
- Muhamad Reza Rahardian (Jakarta)
- Cahya Tri P. (Pasuruan)
- Rapro Mulya Sinaga (Lubukpakam)


DINAMIKA AWAL PERKENALAN KAMI..
KALIAN ADALAH ORANG PERTAMA YANG SAYA KENALI..
BERSATU DALAM SATU KELOMPOK A-03..
DINAMIKA ITU AWAL..


klian takkan pernah terlupakan.
dan jangan pernah saling melupakan.
kalo udah kerja entar, udah bergaji, udah sukses.
AMIEN.
ingatlah langkah ini. DINAMIKA!
smunel makassar, tahun 2007

Sudah lama, Bu Zuhroh, guru Agama Islamku bilang kalau dikelas sebelas ini, akan ada praktek pengafanan jenazah. Itu memang materi agama ku. Ada dibuku cetak kok!!

Dan hari ini saatnya tiba buat praktek mengkafani jenazah. Seperti biasa lah, sebelum belajar agama, kelasku (XI IPA 3 a.k.a ELECTHREE) harus wudhu dulu, maklum lah, belajar agamanya di dalam mesjid.

Setelah kelas sudah berdoa, pelajaran pun dimulai. Guru agamaku bilang kalau hari ini praktek pengurusan jenazah. Ga cuma mengkafani deng..!!

Yang disediakan itu kain putih dan BUKAN kain kafan.
WHY....??
Alasannya kan cuman buat latihan dan kain kafan itu ada aroma2..ya gitu deh!!
Kain yang dipake ga tau apa, lupa namanya.
Yang jelasnya kain itu dijahit dan disambung.

Dijelasin kok, kalo kain kafan ga boleh dijahit. Dan sekali lagi, ini kan proses belajar.

Setelah penjelasannya kelar, tahap praktek dimulai.

Yang jadi masalah, siapa yang bersedia menjadi jenazah dan dikafani?

tiba2,,
"FITRAH aja bagaimana? Badannya kan lumayan cukup! Ntar dapat poin plus deh!". Katanya Ibu Guru agamauku,

arggghhh..
saya?
senang tapi deg2an juga, tapi rasa penasaranku tinggi..
jadi saya pun bersedia.

Dari cewek yg jd jenazah itu yuyun.

...

OKEY, MULAIII..!!!

....


saya pun berbaring dilantai mesjid, praktik pertama adalah MEMANDIKAN JENAZAH..
Cuman improve kok, ga smpe lepas pakaian kok. Cuman diperagakan cara memandikannya. Yang mempraktekkan itu temanku dibimbing oleh guruku.
Saya tetap diam dan seakan-akan saya jadi jenazah.
Perut ditekan2, badan diusap2,
saya tetap diam
(sy menikmati menjdi jenazah, cepat atau lambat pasti kita akan kembali Pada-Nya)

praktek selanjutnya ialah mengkafani.

Saya berbaring diatas lapisan kain putih.
Diam, dan seolah-olah mati.
(akting gw boleh juga kok)

dan prosesi pengkafanan pun dimulai. Satu persatu kain kafan dipertemukan ujung dan ujung yang lainnya. Hingga tubuhku tertutupi.

ingat,
ada yang aneh,
bukannya merasa panas, tapi saya malah merasa dingin.
Jujur, saya membayangkan kalau ini bener2 terjadi.
Hufh..

Setelah seluruh badan tertutup, sekarang bagian akhir. Mengikat.
Saya tidak ingat ada berapa ikatan.
Yang jelas saya sudah menjadi jenazah yang siap untuk proses selanjutnya.
Pemakaman.

Tapi ga sampai dimakamkan betul.
Sampai mengkafani aja. Tentang makam cukup djelaskan scara teori.

Ah..
Betul2 pengalaman yang baru. Tidak semua orang bisa mendapat kesempatan dikafani sewaktu msh hidup.


Pengalaman yang tak terlupakan.

*thx buat IBU GURU AGAMAKU,
Ibu St. Zuhro
SETIA NEGARA B. T. (STEI - ITB)
ADITYAR (ILMU EKONOMI - UNHAS)
ANDI ABDUL RAHMAN (TEKNIK MESIN - UNHAS)
KELIK ISMI HARJANTO (FARMASI - UNHAS)
DEDDY ALIF UTAMA (FKM - UNHAS)
dan saya,
MUHAMMAD FITHRAH

"bersamamu, ku habirkan waktu..
senang bisa mengenal dirimu..
Rasanya semua, begitu sempurna.. sayang untuk mengakhirinya.."
(Ipang-Sahabat Kecil )



akhirnya kuliah juga (ALHAMDULILLAH). Setelah lama bergelut dengan masa SMA yang katanya "masa-masa paling indah", akhirnya status mahasiswa kami sandang juga.

Banyak hal yang kami lalui waktu SMA,
waktu kelas X, sewaktu msih belum menjabat, waktu kelas XI, waktu menjadi pengurus PMR WISMU 05, dan ketika kelas XII.

Kelas kami berbeda-beda. Tapi basecamp mempertemukan kami hampir tiap hari. Bahkan ketika hari Minggu, libur sekolah, ataupun ulangan.

Di organisasi,
kita semua satu tubuh, tapi diluar organisasi, di kehidupan biasa, kita saudara.

Makan bareng, nongkrong, keluyuran, nginap bareng, nonton, ke warnet, tidur, dll..

Perbedaan, PASTI ADA!
Beda pendapat, SERING!
Sakit hati, BIASA!

.bersambung.
tes...tes...
semuanya jadi hitam. Aku tak dapat melihat apa-apa. Argghhh...tidaaaakkkk!! Maksudnya "tidak bangun" , hehe, kan saya lagi tidur. Jelaslah gelap.

Tiba-tiba,
kriingg..kringg.. HPku berbunyi. Ternyata SMS dari si Vero.

081000xxx
"pit, jd ngga pg k blck Mx? ortux c cindy dh blk bln? pa qt ngga kmlman nech pgx? vro"

akhirnya saya terbangun. Sudah waktunya shalat maghrib. Lumayan, tidur walau sebentar. Setelah selesai shalat maghrib, saya kirim sms konfirmasi ke Sandy. Dan tak berapa lama balasannya datang. Katanya dia SETUJU.

Saya pun ganti baju. Setelah INI dan ITU. Saya pun siap berangkat. Pas nyari sandal di teras, BUSYEDDD,, sandalku dipakai orang. Jadi dengan segala kerendahan hati (ciee..), saya pun memakai sandal jepit terkenal dari Japan . Swallow! (emang iya?)


"mungkin saya telat. Aku telah membiarkan temanku kecewa karena menungguku terlalu lama!". Kataku dalam hati sambil berjalan. (hehe..oh ya?)

Setelah sampai di kosannya sandy. Ternyata vero udah ada di sana.
Akhirnya kami sepakat berangkat.

Kami naek angkot dari gerbang depan.
Brumm..brum..brumm... Bunyi angkot.
Trus kami ganti angkot lagi dan terakhir naik Metro Mini. Kami betul2 "jalan-jalan". Soalnya waktu kami dihabiskan dijalan. Tanpa diduga, kami sampai ke blok M. Kami memutuskan untuk menulusuri bagian dalam. Ternyata hampir semua toko sudah tutup. Maklumlah, jam sudah menunjukkan keberadaan pukul stgah sepuluh malam. Karena sudah tak ada yang menarik, maka kami memutuskan untuk mencari di penjual kaki lima a.k.a penjual pinggir jalan.

Di toko kaset pertama kami mencari-cari film yang keren. Saat asyik mencari-cari film, tiba-tiba ada yang berkata :
(kira-kira maksudnya seperti ini)

"bilang aja loe kalo gak punya duit. Gak mau beli". Kata si penjaga toko. Berinisal PT. (Penjaga Toko)

Busyatt dah, kasar sekali. Kami tetap melihat dan kami memutuskan membeli 4 buah kaset. Kami ingin membela emansipasi pembeli.
Hidup pembeli!!

Kami ke toko lainnya untuk melihat-lihat kaset.

Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan lewat pukul sepuluh malam. Kendaraan bukan semakin sepi, justru semakin padat karena orang berebutan untuk pulang. Pemberangkatan Terakhir.

Setelah berdesak-desakan dengan polusi, akhirnya kami duduk juga di metromini 74. Metromininya tak langsung jalan. Tetap menunggu sampai penumpang penuh. (betul2 solidaritas, patut dicontoh). Setelah penuh, akhirnya jalan juga.

ngeeng..ngeng..ngeng..

brem..brem..brem..

Tak terasa, metromininya sampai di SPBU di kebayoran lama. Katanya ini pemberhentian terakhir.
Busyett. Padahal tujuan kami masih jauh.

Akhirnya kami pun turun dan berjalan tanpa tujuan. Kami singgah di kios untuk membeli minuman. Lalu kami bertanya jalan pulang.

Bla..bla..ini..itu..

Yeah,
akhirnya kami tau tujuan kami. Yang jadi masalah lagi, tak ada angkot, bang! Udah jam 10 malam lewat!

Kami berjalan saja terus. Sambil ngerumpi. Dan bertanya yang aneh2. Ehm..ehm..

Tiba-tiba, angkot lewat. Senangnya hati kami. Bagai air di daun talas. ( ??? ). Kami pun naik dan turun di dekat Bintaro Plasa.
Perjalanan masih harus di lanjutkan. Tapi sudah tidak ada angkot lagi. Sudah hampi pukul sebelas.
Kami berdebat dadakan di pinggir jalan. Di dekat penjual bakmi. Dengan judul :

JALAN KAKI ATAU NAIK TAKSI

Perdebatan berlangsung sengit. Tiba-tiba lewat seorang ibu yang membawa karung, ... (maaf, bukan bermaksud menyinggung, maaf).

"jalan kaki aja, saya aja bisa jalan !"
yang jelas ibu itu bilang kalau jarak yang dia tempuh lebih jauh daripada kami. Dan dia cuman berjalan kaki.
Ibu itu juga bilang yang sepatah kata . Saya tidak mengerti. (TIDAK DIPUBLIKASIKAN...).
Tapi Sandy dan Vero ngerti. Dan dia menjelaskannya. Finally, I know THAT!

Perdebatan tak dilanjutkan. Mending naik taksi aja. Lagian dekat!

Akhirnya kami pun pulang.
Vero turun duluan.

Saya dan Sandy tetap jalan hingga tujuan kami. Yaitu kedamaian.
(maksudnya kos kami yang damai).

Finally,
sampai juga.
Saya berpisah dengan Sandy karena sudah tak ada kesamaan lagi.
(maksudnya, kan tidak sama kos, hufh!!).
Saya pun melanjutkan langkah dan..

finally lagi..
Akhirnya sampai kos..

dan the last finally..
TIDUR..

hufh..
Sabtu, 1 November 2008

hari ini bangun hampir jam 7, busyett,, sy blum shalat subuh. Segeralah saya shalat.

Abis itu buka inbox hape, liat sms dari mentorku (mas andi), liat barang-barang apa aja yang harus dibawa buat acara MIZONE,

hari ini memang ada event kerohanian, namanya MIZONE, or MUSLIM IMPROVEMENT ZONE, be 100% MUSLIM (AMIEN,, namanya kreative juga).

Saya janjian pergi bareng kelompok 3,
tapi yang ikut cuman dikit . 5 orang doangg! (Saya, Vero, Sandy, Fikri, Lambang).

Kringg..kring.. HP ku bunyi (emang gitu nada dringku)
smsnya dari orang kebingungan. Sebut saja VERO .

081000xxx
"pit, loe pk bj pa? vro"

saya jawab, terserah, asal sopan. Saya pun baring2 sebentar dan hp saya berbunyi lagi..

Kring..kring..!! (dengan sedikit perubahan). Ini dari Sandy. Isinya lumayan beda sama sms yg tadi tapi ujung2nya pertanyaannya sama juga.

0812345xxx
"Cuy. .ntr mw brgkt jam brp..?breng gw ya!!jgn mkn pgi dlu y..sama2 aj qt..oiy lw pk bj ap? Sindy"

tuh kan, ujung2nya tanya baju. Hehe. Tp ini lumayan ga monoton smsnya (obsesiku : pengamat SMS).

saya jawab iya, kita brangkat breng. Saya bilang acaranya mulai jam 7. Tapi krna ragu, saya tanya balik untuk meyakinkan. Sambil menunggu balasannya, saya pun mandi (ga perlu dicerita yah tentang mandi, TAK PENTING). Habis mandi, cek inbox lagi..
Dan dia pun balas :

0812345xxx
"Belom mandi ni gw,,kta fkri jam 8..tau ah bngng gw..lw ksni aj! Gw mw mndi dlu.."
Yee,
dia ternyata belum mandi. Pantesan! (pantesan apa?)

setelah saya INI dan ITU, hp ku berbunyi..
Ding..dong..ding..dong.. (maaf, skali lagi dengan perubahan).

0812345xxx
"Gw dah mkan..dwarteg yg blkg it..
Lw mana c. . "

YAA..KATANYA MAU MAKAN PAGI BARENG. Dasar. Terpaksa saya tidak jadi makan pagi. Untung sudah makan roti, minum air putih, dan sebutir ENERVON-C (iklan bget).

saya berjalan menulusuri kamar. Dan tanpa terasa, akhirnya sampai di teras (yaiya lah, scara dkat juga!!).
Saya mengikat tali sepatu dan tiba-tiba Vero muncul,

"sudah?" tanyanya.

"ayo!"jawabku.

Rencana mau pergi bareng sama tetangga kos. Tapi karena harus bareng kelompok. Jadi gitchuu deiiihh (lebay bgt!)

tak jauh dari kosanku. Fikri dan Sandy udah menunggu. (yang ini orangnya, yang ngajakin makan pagi breng, tp tidak jadi). Setapak-demi setapak kami lewati. Sedetik demi detik kami lalu. Akhirnya...

sampai juga,
GEDUNG G

...


MIZONE, pukul 08.00 - 17.30

kami registrasi dan masuk, dan duduk, dan melakukan hal bodoh :

BER-SMSAN-RIA

kenapa dibilang bodoh, kami duduk berempat, berdekatan. Karena duduknya perkelompok.

Yang anehnya, si Vero mulai sms ke saya. Saya pun balas (saya juga hobi smsan kok). Tiba2 ada sms masuk dari Sandy.
Dan terjadilah peristiwa bodoh.

SMSAN,,wkwkwk!

untung si Fikri masih insaf, tak mengikuti jejak kami.

acaranya pun berlangsung terus.
Banyak hal yang didapatkan dari acara ini.
Banyak sekali.
Antara lain pemateri dari perwakilan Menpora, ketua masjid MBM, NASYID, TRAINING ESQ EL-DATA jogja, dan lainnya.
Yang tak kalah menariknya adalah penampilan seorang bocah 8 tahun yang melantukan Q.S Ar-Rahman.
Bukan apanya, tapi Surah itu dilantukan dengan lafadz tawjid yang indah, dan dihafalkan.
Subhanallah,
keren!!

Ada banyak hal yang bisa dipetik dari acara ini.
Tiket Rp.10000 tak ada artinya dibanding dengan apa yang kita dapatkan.

Yang anehnya juga,
pas pulang,
saya daftar TEATER,
busyett,,
gak tau dapat ilham dari mana saya bisa daftar.
Gapapa,
walau pengalaman hanya sdikit, tapi itu bisa dijadikan pelajaran dan modal.
Amien.

...

Ehmh,
sebenarnya ada rencana yang ter-delay (delay=tunda). Rencananya sudah disusun jauh2 hari waktu berpetualang di Bintaro Plasa.

Yaitu,
BLOK M , DAN MENCARI KASET BAJAKAN.

Rencananya habis MIZONE , tapi krena dua dan lain hal,
jadi dipindahkan setelah shalat Maghrib.
Gimana..setuju!
SETUJUUUUUUU...!!

okey,
kalau begitu kita pulang ke kos masing2. Sampai di kos. Saya tertidur lelap. NGUANTUKK BOO. Walaupun waktu MIZONE s4 ngantuk, tp lama-kelamaan hilang. Tapi tidak lenyap, ngantuknya saya tabung. Dan pas sampai rumah. NGANTUKKU dilampiaskan.

Pukul 17.35 (kurang lebih bgitu)
saya tidur dilantai dengan bantal.
Yeah,

bersambung.
1. Shalat Jumat
2. Kuliah bhs. Inggris
3. First Gatheringnya Anak2 "SCENE" (UKM FILM)
4. Gw hapus krng lebih 1800 message di HP gw (inc. Inbox n Sent message)
5. WHEN U BELIEVE - DAVID ARCHULETA (wetss..keren!!)
4. Tidurrr..

key brohh sisterr,,
ide pokoknya dulu dah,,
ntar gw tulisin yang lengkapnya,,
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda